Pages

Rabu, 08 Agustus 2012

Lokomotif CC 205 Diresmika





Tarahan, Bandar Lampung – Rabu, 2 November 2011 bertempat di Dipo Lokomotif Stasiun Tarahan, enam Lokomotif CC205 dari Kanada dan 180 KKBW dari China diresmikan pengoperasiannya oleh Direksi PT. KAI  yang diwakili EVP Sarana dan Traksi, Albert Tarra. Peresmian juga dihadiri pihak manajemen PT. Bukit Asam (Persero) dan Electro-Motive Diesel (EMD) dari Kanada.
EVP Sarana dan Traksi PT. KAI, Albert Tarra, memberangkatkan lokomotif CC 205 sebagai tanda telah diresmikannya pengoperasian CC 205.
EVP Divre 3 SS, Ir. Budi Noviantoro dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya penambahan armada ini secepatnya lok dapat beroperasi untuk mendapatkan pendapatan, karena investasi ini bernilai besar. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Masinis Indonesia (IMI) Divre 3 Sumatera Selatan dan seluruh masinis sebagai driver yang telah bekerja sesuai SOP sehingga tidak terjadi PLH (Zero Accident).
Albert Tarra mengatakan kekaguman terhadap lokomotif dengan sistem kelistrikan AC-AC ini. “Mudah-mudahan ini merupakan tahap awal perubahan teknologi yang dimiliki, yang dulunya memakai lok dengan sistem kelistrikan AC-DC”, ujarnya. Walaupun masih dalam tahap uji coba, Albert berharap Lok CC205 mampu menarik 72 gerbong dengan double traksi sesuai dengan kesepakatan dengan EMD.
Mr. Billy Ainsworp, CEO EMD berterimakasih  atas kerjasama yang terjalin dengan PT. KAI (Persero). Dengan teknologi baru kelistrikan (AC-AC) akan menambah 50% kekuatan, 15% lebih hemat bahan bakarnya dan emisi (gas buangnya) jauh lebih baik dari model sebelumnya. Pihaknya akan tetap komitmen dalam membantu perkembangan PT. KAI dan berusaha bersama-sama dalam pencapaian target dengan memberikan training yang tepat bagi karyawan yang akan merawat maupun mengoperasikan Lok ini.
EVP Divre 3 Sumsel, Budi Noviantoro (kiri) menandatangani kontrak training lokomotif antara pihak EMD dan PT. KAI
Dalam peresmian tersebut juga dilakukan penandatanganan kontrak training pengoperasian lokomotif, antara pihak EMD dan PT. KAI (Persero). Agar seluruh masinis Divre 3 SS dapat mengoperasikan seluruh jenis lokomotif. Usai peresmian, rombongan berkunjung ke PT. BA Unit Pelabuhan di Tarahan. Senada dengan PT. KAI (Persero) yang serius untuk mensukseskan angkutan batubara 20 juta ton/ tahun, PT. BA (Persero) juga sedang mengembangkan berbagai pendukungnya diantaranya  pembangunan 2 Rotary Car Dumper (RCD) baru agar proses bongkar batubara lebih cepat.(Humaska)
(Visited 2,298 times, 10 visits today)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes